Tips Alami Menurunkan Kolesterol Tubuh

Tips Alami Menurunkan Kolesterol Tubuh

Unikte - Dalam jumlah yang normal, kolesterol memiliki fungsi agar seluruh anggota tubuh berfungsi dengan normal. Namun jika terlalu berlebih, maka mampu membahayakan kesehatan tubuh terutama aliran darah Anda. Kolesterol sendiri sebenarnya adalah zat yang diproduksi oleh hati dan berbentuk seperti lilin.

Penyakit yang bisa tmbul akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta stroke. Berikut ini adalah beberapa tips alami menurunkan kadar kolesterol tubuh.

  • Batasi konsumsi daging merahDaging merah memang baik untuk menambah sel darah merah. Namun sebaiknya kurangi konsumsinya ketika Anda sudah mengidap kolesterol tinggi. Sebab daging merah sangat tinggi akan kolesterol, lemak, dan kalori. Selain itu perhatikan pula cara pengolahannya. Hindari membakar atau menggoreng daging dengan banyak lemak.
  • Masak dengan minyak zaitunMinyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik) Anda. Disarankan Anda mengonsumsi dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari.
  • Perbanyak konsumsi omega 3Asam lemak omega 3 meningkatkan kolesterol HDL. Ikan, biji rami, kacang-kacangan dan almond adalah beberapa sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi.
  • Tetap aktifAktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan dan dapat mengurangi risiko Anda untuk terkena penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes. Aktifitas fisik juga mampu mengurangi stres yang menjadi faktor utama munculnya penyakit jantung. Setidaknya Anda harus beraktifitas selama 30 menit setiap hari.
  • Konsumsi bawang putihMengonsumsi bawang putih menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi. 
  • Minum teh hitamTeh hitam merupakan jenis teh herbal yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda disarankan untuk minum satu cangkir teh hitam setiap hari.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menghilangkan Uban Dengan Kulit kentang

Tips Menyembuhkan Sariawan Secara Alami